Cara Mengontrol dan Mengobati Asam Urat

Secara alami tubuh kita memproduksi asam urat. Asam urat tersebut adalah limbah yang terbentuk akibat penguraian zat purin oleh sel-sel tubuh. Asam urat tersebut akan dibuang untuk dikeluarkan dari tubuh melalui ginjal dalam bentuk air seni (urin) dan sebagiannya akan dikeluarkan melalui buang air besar dalam bentuk feses. Namun jika pembuangan limbah purin tersebut tidak sempurna atau apabila produksi asam urat di dalam tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang bisa dikeluarkan, hal tersebut akan menyebabkan penumpukan asam urat di dalam sendi. Akibatnya, seseorang akan merasakan sakit disekitar persendian karena limbah tersebut berbentuk kristal yang berukuran mikro. Sakit pada sendi tersebut dikenal juga dengan istilah radang sendi.

cuka apel atasi asam urat

Di antara beberapa penyebab meningkatnya kadar asam urat di dalam darah antara lain: karena mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung purin seperti jeroan, baik itu organ hati, usus, jantung, dan lain-lain. Selain berasal dari jeroan, makanan yang mengandung purin cukup tinggi diantaranya adalah seafood seperti kepiting, kerang dan, ikan teri.

Beberapa makanan lain yang perlu diwaspadai karena berpotensi dapat menyebabkan kenaikan kadar asam urat diantaranya adalah, daging kambing, daging kerbau, dan daging sapi.

Komplikasi akibat asam urat

Penyakit asam urat dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya seperti penyakit ginjal, hipertensi, diabetes, kolesterol, psoriosis, osteoritis, dan dapat juga menyebabkan sindrom metabolisme.

Cara mengontrol dan mengobati asam urat

Kadar asam urat yang tinggi di dalam darah dalam dunia medis disebut hyperuricemia. Selain beberapa penyakit yang telah disebutkan di atas, akibat dari tingginya asam urat yang lain yang perlu diwaspadai diantaranya adalah; artritis gout, gagal ginjal, dan batu ginjal.

Secara umum, normalnya kadar asam urat di dalam darah seorang pria antara 3.4-7.0 mg/dL. Sedangkan untuk wanita kadar normal asam urat di dalam darahnya adalah 2.4-6.0 mg/dL.

Berikut adalah beberapa cara mengontrol dan mengobati asam urat.

Memanfaatkan cuka Sari apel

Cuka Sari apel bisa digunakan sebagai pembersih alami untuk racun-racun yang ada di dalam tubuh termasuk juga bisa membantu menghilangkan limbah seperti asam urat dari dalam tubuh. Sehingga tidak mengherankan apabila cuka sari apel banyak dimanfaatkan untuk membantu mengatasi asam urat. Selain manfaat tersebut, sebenarnya cuka sari apel juga sangat baik karena bermanfaat untuk mengembalikan keseimbangan sifat basa di dalam tubuh dan memberikan manfaat anti inflamasi dan antioksidan.

Cara memanfaatkan cuka sari apel untuk mengatasi asam urat adalah:

  • Sediakan sebanyak 1 sendok teh cuka sari apel yang masih mentah
  • Sediakan satu gelas air putih
  • Larutkan cuka sari apel tersebut ke dalam gelas kemudian aduk hingga rata
  • Minum larutan tersebut antara 2 hingga 3 kali sehari

Tips menggunakan cuka sari apel untuk menurunkan kadar asam urat bisa juga dengan menambahkan secara bertahap jumlah cuka sari apel yang dicampurkan kedalam gelas. Maksimal dua sendok makan per gelas hingga kadar asam urat turun. Namun sebaliknya, jangan sampai menambahkan cuka sari apel terlalu banyak karena hal tersebut dapat menyebabkan kadar kalium didalam tubuh turun. Hal tersebut juga dapat menyebabkan gangguan diuretik.

Minum air lemon

Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya, Apakah benar air lemon bisa bermanfaat untuk menurunkan asam urat karena pada kenyataannya, air lemon bersifat asam sehingga berpotensi menyebabkan tubuh kita lebih asam. Namun faktanya, air lemon yang asam dan membuat tubuh menjadi lebih asam akan memicu efek alkali yang membantu menetralisir asam urat.

Ditambah dengan adanya kandungan vitamin C yang sangat banyak di dalam air lemon bermanfaat untuk mengontrol dan menurunkan kadar asam urat menjadi lebih rendah.

Cara memanfaatkan air lemon untuk mengobati asam urat adalah dengan cara:

  • Sediakan satu buah lemon yang sudah matang
  • Kemudian potong menjadi dua bagian lalu peras
  • Sediakan segelas air hangat dan campurkan semua air lemon hasil perasaan tersebut dan aduk hingga rata
  • Minum campuran air lemon tersebut di pagi hari pada saat perut masih kosong
  • Usahakan untuk meminum air lemon setiap pagi pada saat perut masih kosong selama beberapa minggu.

Konsumsi buah ceri

Buah ceri atau pilihan lainnya adalah buah berry yang berwarna gelap kedua-duanya banyak mengandung bahan kimia yang berpotensi mengurangi kadar asam urat apabila dikonsumsi. Buah ceri maupun buah berry atau buah-buahan berwarna ungu dan biru biasanya mengandung flavonoid yang disebut antosianin yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat di dalam darah dan membantu mengurangi peradangan serta kekakuan pada sendi.

Cara memanfaatkan buah ceri untuk menurunkan kadar asam urat.

  • Konsumsilah sekitar satu setengah cangkir buah ceri setiap hari. Lakukan selama beberapa minggu
  • Selain dikonsumsi dalam keadaan segar, kamu juga bisa mengkonsumsi buah ceri dengan dijadikan sebagai jus. Konsumsilah selama 4 Minggu
  • Selain mengkonsumsi buah ceri, kamu juga bisa menambahkan strawberry, tomat, paprika, atau makanan yang banyak mengandung vitamin C dan antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran yang lainnya.

Perbanyak konsumsi air putih

Minum air putih bisa membantu mengoptimalkan filtering terhadap asam urat. Air putih akan membantu mencairkan asam urat dan akan merangsang ginjal untuk membuang lebih banyak limbah dari dalam tubuh dalam bentuk urine.

Yang dianjurkan bagi penderita asam urat, minumlah air putih secukupnya secara teratur setiap hari. Menurut American College of Rheumatology dari hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 lalu, orang yang meminum 5 hingga 8 gelas air dalam periode 24 jam memiliki potensi lebih mendapatkan kesembuhan dari asam urat sebanyak 40% dibandingkan dengan mereka yang hanya minum air putih kurang dari jumlah tersebut.

Anjurannya, minumlah antara 8 hingga 10 gelas perhari jika kamu sudah mengalami asam urat yang cukup tinggi. Selain dari air putih, sebenarnya kamu juga bisa mendapatkan cairan dari buah-buahan dan sayuran yang segar.

Memanfaatkan baking soda untuk mengobati asam urat

Baking soda dikenal juga dengan istilah soda bikarbonat merupakan salah satu obat alami yang bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dan sekaligus bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit akibat asam urat. Baking soda apabila dikonsumsi, dapat menjaga keseimbangan basa alami tubuh dan akan membuat asam urat lebih mudah larut dan lebih mudah dibuang melalui ginjal.

Cara memanfaatkan baking soda sebagai obat asam urat salah satunya adalah:

  • Sediakan air putih sebanyak 1 gelas
  • Ambil setengah sendok teh baking soda kemudian masukkan dan campur lalu aduk dengan air putih yang telah disediakan
  • Minumlah antara 3 hingga 4 gelas perhari selama kurang lebih 2 minggu.
  • Cara meminumnya harus di jarak antara 2 hingga 4 jam

Peringatan, untuk kamu yang berusia 60 tahun keatas tidak dianjurkan atau tidak diperbolehkan untuk minum lebih dari 3 gelas larutan baking soda setiap hari. Begitu juga dengan kamu yang berusia lebih muda, sebaiknya mengikuti aturan yang ada dan tidak meminum air baking soda lebih dari yang dianjurkan.

Mengobati asam urat dengan minyak zaitun

Kecenderungannya, minyak nabati apabila dipanaskan atau diproses akan berubah menjadi lemak tengik. Lemak tengik tersebut dapat menyebabkan vitamin E di dalam tubuh hancur. Padahal, vitamin E sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengendalikan asam urat. Jadi, sebisa mungkin kurangilah mengkonsumsi makanan-makanan yang digoreng dengan menggunakan minyak nabati.

Sebaliknya, minyak zaitun lebih dianjurkan untuk dikonsumsi dibandingkan dengan minyak sayur dan dibandingkan dengan mentega. Di dalam minyak zaitun terdapat lemak tak jenuh tunggal yang tetap stabil ketika dipanaskan. Sehingga cenderung lebih baik digunakan untuk memasak dibandingkan dengan minyak nabati atau minyak sayur. Disamping itu, minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan antioksida yang sangat tinggi disamping manfaatnya sebagai sumber anti-inflamasi.

Itulah beberapa obat alami untuk asam urat yang bisa kamu coba sendiri di rumah untuk mencegah dan mengontrol asam urat. Mulai saat ini ada baiknya kamu memperhatikan makanan-makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Makanan yang banyak mengandung purin sebaiknya dihindari dan digantikan dengan makanan yang rendah purin. Sebagian besar produk hewani mengandung purin tinggi. Namun jangan sampai tertipu, beberapa makanan lainnya seperti kacang-kacangan, jamur, ragi, dan asparagus juga banyak mengandung purin.